Pengertian dan Peraturan Bola Kasti

Permainan kasti merupakan olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu terdiri dari 12 orang pemain. Permainan ini dimainkan di lapangan berbentuk empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis batas dengan lebar 5 cm. Sebagai alat permainan menggunakan bola kasti dan kayu pemukul.
Unsur gerak dasar permainan, yaitu melambungkan bola, menangkap bola, melempar bola, berlari, taktik dan strategi, dan peraturan permainan.

                       Baca juga artikel menarik lainnya:
                          1. Pengertian dan asal-usul Sepak bola
                          2. Pengertian, pembelajaran gerak spesifik dan asal-usul Bola Voly
                          3. Pengertian  dan asal-usul Bola Basket
                          4. Langkah-langkah menggunakan Mikroskop



. Peraturan permainan kasti
a.       Jumlah pemain
 Jumlah pemain terdiri atas 12 orang setiap regunya dengan menggunakan nomor 1 sampai dengan 12. Seorang sebagai ketua/kapten regu.
b.      Waktu permainan
 Waktu permainan 2 x 30 menit dibagi menjadi dua babak diselingi waktu istirahat 10 menit
c.       Cara mendapatkan angka
 1) setiap pemukul yang berhasil berlari menuju tiang hinggap I, II dan III lalu kembali ke ruang bebas akan mendapat nilai 1, secara bertahap.
 2) apabila pukulan berhasil dengan baik dan pemukul secara langsung dapat kembali ke ruang bebas, akan mendapat nilai 2.
3) apabila regu penjaga dapat menangkap bola langsung dengan baik, akan mendapat nilai 1, untuk regu penjaga.
d.      Penentuan pemenang
 Penentuan pemenang adalah regu yang mendapat nilai terbanyak sebagai regu pemenang.
e.      Wasit
 Setiap pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit, dibantu oleh tiga penjaga garis, satu orang pencatat nilai, dan pencatat waktu.
f.        Pergantian tempat
 Pergantian tempat dapat dilakukan apabila regu pemukul terkena lemparan bola sah, bola ditangkap tiga kali secara berturut-turut oleh regu penjaga, dan alat pemukul lepas ketika sedang melakukan pukulan yang menurut wasit sangat membahayakan lawan.
g.       Kesempatan memukul

 Kesempatan memukul untuk setiap pemukul yaitu satu kali, kecuali pemukul terakhir sebanyak tiga kali giliran memukul, dan dilakukan secara berurutan dari nomor 1 sampai dengan nomor 12.

Komentar

Postingan Populer